Keuntungan dan Kerugian Memakai Earphone


                Earphone adalah alat yang dipasangkan pada telinga yang fungsinya untuk memusatkan suara hanya pada satu bidang, yaitu earphone tersebut. Para pendengar akan lebih nyaman jika menggunakan earphone ini dalam hal mendengarkan suara. Orang-orang pada umunya menggunakan earphone untuk mendengarkan music. Banyak faktor yang menyebabkan orang menggunakan earphone. Biasanya, karena di lingkunganya ribut atau karena ingin mendengarkan sebuah music lebih seksama lagi. Kebanyakaan orang lebih sering mengeraskan suara volume pada earphone saat earphonenya sudah di telinga. Tapi tahukah anda, bahwa ada bahaya dan keuntungan dalam menggunakan earphone. Berikut saya akan menguraikanya di bawah ini.

A.    Keuntungan
Salah satu keuntungan yang paling umum dirasakan seseorang dalam pemakaian earphone adalah bebas dalam mendengarkan suara yang disambungkan ke earphone tersebut. Apalagi, pengguna ingin mendengarkan suara dengan volume besar, sangat cocok menggunakan  earphone. Untuk kenyamanan lebih, usahakan pilih kepala earphone yang sesuai dengan lubang telinga anda. Pengguna juga dapat menghemat pemakaian energy (energy baterai) pada gadget, handphone dan apapun benda sumber suara, Karena speaker dari benda sumber suara dapat menguras energy yang ada. Earphone juga dipakai pada saat suasana sedang tenang, dan pada saat itu kita juga ingin mendengarkan music atau suara lainya. Jadi, hal ini tidak mengganggu ketenangan yang ada.

B.    Kerugian
Earphone juga memiliki kerugian. Yang paling sering dialami oleh penggunanya adalah timbulnya rasa panas pada lubang telinga sesaat setelah pemakaian. Gelombang suara yang dikeluarkan lewat earphone, akan keluar saat earphone dilepas. Gelombang tersebut bersifat panas, sehinnga pada saat earphone tersebut di lepas, gelombang akan menyisir dinding-dinding lubang telinga (saluran). Yang paling jarang terjadi efek samping penggunaan earphone adalah terjadinya gangguan pada Membran Timpanum (Gendang Telinga). Jika terlalu sering mendengar suara lewat earphone, gendang telinga akan sering bergetar dan akan menyebabkan ganguan pada daerah tersebut.


Yang menjadi intinya adalah : BERIKAN JANGKA WAKTU PEMAKAIAN EARPHONE TERSEBUT, Jika tidak di batasi, akan menimbulkan dampak seperti di atas.

SEMOGA BERMANFAAT J





























Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template |
Copyright © 2011. ADSO Const. Share - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by
Proudly powered by Blogger